Pemprov Pancasila
Pemprov TNI
DPRD Gula

Polisi Selidiki Dugaan Penggelapan Uang Nasabah BMT Muamalah Sejahtera Raha

PENASULTRA.ID, MUNA – Setelah menerima aduan dari para nasabah terkait dugaan penggelapan dan penipuan yang dilakukan BMT Muamalah Sejahtera Cabang Raha belum lama ini, Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) melalui Unit Pidana Umum (Pidum) Polres Muna melakukan penyelidikan (Lidik).

Bombana Gula

Sejumlah pemeriksaan telah dilakukan. Tiga mantan karyawan BMT, salah satunya Rosnawati selaku bendahara lembaga yang bergerak dibidang keuangan mikro syariah itu juga telah diperiksa. Sedangkan pimpinan cabang BMT, Abdul Rahim juga telah dilayangkan surat pemanggilan pemeriksaan, tapi sampai saat ini masih saja mangkir.

Selain tiga orang tersebut, Unit Pidum Polres Muna juga telah mengorek informasi dari empat nasabah diantaranya WR selaku pihak yang dirugikan oleh BMT Muamalah Sejahtera Raha.

Dari data dan keterangan dari Rosnawati, terungkap aliran dana yang mengalir dari BMT Muamalah Sejahtera cabang Raha ke rekening BMT Kendari kurang lebih Rp1,5 miliar yang disinyalir sebagai uang simpanan para nasabahnya.

Pena Siberindo

Kapolres Muna AKBP Debby Asri Nugroho melalui Kasat Reskrim Iptu Hamka mengatakan, terkait perkara ini, pihaknya terus melakukan pengembangan dan penyelidikan. Nasabah dan pihak BMT dalam hal ini mantan karyawan juga sudah dimintai keterangannya.

Dikatakannya, dalam waktu dekat pihaknya jadwalkan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kendari.

“Kita akan koordinasi perkara ini dengan pihak terkait, ke OJK Kendari dan BMT Kendari, apakah ini masuk pidana umum atau khusus. Kini kita tinggal mencari siapa sebenarnya yang bertanggungjawab dengan uangnya para nasabah,” kata Iptu Hamka, Senin 3 Agustus 2020.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.